PrOfiLe UNGU

butterfly-ungu1

UNGU? Kenapa?

Kenapa tidak? Itu jawaban kita sewaktu ditanya oleh orang2 di sekitar kita. Nama UNGU sendiri kita sebutkan secara tiba2 ketika ditanya oleh seorang MC di sebuah event. Kita ingin orang2 mengingat dengan mudah dan cepat menempel di otak, jadilah kami memberi nama band ini UNGU!

Awalnya UNGU?

UNGU terbentuk dengan sendirinya. Awalnya kita dari band yabg berbeda, kebetulan sering latihan di studio yang sama dan akhirnya nge-jam bareng. Tidak hanya di studio, konsep nge-jam bareng ini dibawa juga ke panggung2 kecil sampai ke acara pensi sekolah di sekitar Tebet. Disitulah kita menemukan nama UNGU.

Bongkar pasang personel?

Mungkin tidak bisa dibilang bongkar pasang personel… Hanya saja memang waktu itu personel UNGU berasal dari band yang berbeda2, jadi tidak heran kalau pada akhirnya mereka kembali lagi ke band asalnya. Barulah pada tahun 2000, UNGU punya personel tetap yaitu PASHA (vocal), ENDA (gitar), MAKKI (bass), dan ROWMAN (drum). ONCY (gitar) baru bergabung dengan UNGU setelah album pertama kita direlease ditahun 2002.

LAGUKU album perdana UNGU?

LAGUKU adalah album pertama UNGU yang direlease tanggal 6 Juli 2002. Tapi sebelumnya, UNGU ikut mengisi 2 lagu dialbum kompilasi KLIK bersama Lakuna, Borneo, Pikruk, dan Energi. 2 lagu tersebut adalah Hasrat dan Bunga. 2 lagu ini pulalah yang kemudian memicu semanagt UNGU untuk memiliki album sendiri.

Semua lagu diciptakan sendiri?

Dari awal UNGU naik panggung, kita selau membawakan lagu2 yang diciptakan sendiri. Beruntung kita produktif dalam menciptakan lagu. Dan kita senang karena lagu2 yang kita ciptakan ternyata mampu diterima ditelinga pendengarnya.

Setelah album LAGUKU?

Nggak nyangka! Pertama kita senang karena akhirnya punya album. Kedua karena single pertama “BAYANG SEMU” menjadi ost. sinetron ABG yang pada waktu itu tayang di RCTI mampu membawa UNGU berkeliling ke berbagai kota di Indonesia. Sepanjang tahun itu, UNGU tampil dihampir 100 panggung!

Lalu?

Kita mulai memikirkan album kedua. Materi album kedua mulai kita kumpulkan selama perjalanan tour keseluruh Indonesia. Berat memang, kadang jenuh, apalagi ternyata deadline semakin dekat. Jadilah UNGU bikin lagu dimana saja kita bisa. Di bis, pesawat, kapal, sepanjang perjalanan kita usahakan untuk menciptakan lagu.

Jadi kapan album kedua direlease?

Judulnya kejar tayang… Album kedua dikerjakan dalam waktu yang lumayan singkat, cukup 3 minggu. Kerja keras memang, sering tidur di studio Hijau, telat makan karena ngejar jadwal take, tapi itu semua terbayar dengan selesainya album kedua kita, TEMPAT TERINDAH yang kemudian direlease diawal tahun 2004.

Seru?

Sudah tentu… untuk membuat video clip dari single pertama kita “KARENA DIA KAMU” aja UNGU sampai rela ditangkap polsi karena membuat macet jalan protocol. Kenapa? Karena di video clip tersebut, UNGU main diatas trailer panjang yang berjalan mulai dari jalan Thamrin, Sudirman, Semanggi sampai ke daerah Senen… bisa dibayangkan betapa macetnya jalan hari itu, hehehehe…?

Album kompilasi?

Diantara promo album kedua dan show di berbagai kota, UNGU juga menyempatkan diri untuk menciptakan dan menyayikan lagu di luar album kita. Contohnya kita ikut menyumbangkan lagu “CIUMAN PERTAMA” untuk ost. Buruan Cium Gue yang akhirnya harus ditarik dari peredaran. Kemudian UNGU juga mengaransemen ulang lagu “BIMBI” milik tante Titiek Puspa. Terakhir, UNGU dipercaya om Chrisye untuk menciptakan dan berduet di lagu “CINTA YANG LAIN”.

Sempet mau bubar?

Hahahaha… berantem sampe nggak saling komunikasi, sudah pernah kita jalani. Tapi justru hal2 seperti itu yang membuat UNGU semakin kuat dan semakin erat juga semakin mengenal satu sama lain. Isu bubar yang beredar waktu itu, justru membuat kami ingin membuktikan kekuatan UNGU dengan album ketiga.

Jadi?

Yaa… Direlease lah album ketiga “MELAYANG” diawal Desember tahun 2005. Dengan gambar sayap pesawat di cover album, UNGU ingin bisa terbang dan menerbangkan semua keinginan, cita2 dan harapan kita berlima juga penikmat lagu UNGU.

Prestasi?

Album MELAYANG jadi salah satu pencapaian UNGU yang terbesar saat ini. Dengan pencapaian itu, UNGU punya target yang lebih besar lagi. Kekuatan lagu dan lirik ‘DEMI WAKTU” membuat album ini meraih PLATINUM AWARD dibulan pertama penjualannya. Padahal kami baru menerima Platinum Award untuk album “LAGUKU” setelah hamper 2 tahun album tersebut direlease. Tidak lama setelah itu, UNGU kembali menerima DOUBLE PLATINUM AWARD untuk album MELAYANG. Wow! Kejutan yang menyenangkan buat kami berlima.

Merambah pasar Asia?

Sebelum album MELAYANG direlease, sudah ada 4 perusahaan rekaman dari Malaysia yang ingin mengedarkan album ini di Negara Jiran tersebut. Kebanggaan tersendiri buat UNGU, karena akhirnya album MELAYANG juga direlease di Malaysia awal Maret 2006. Dan ternyata sambutannya luar biasa….

Setelah ini…?

Saat ini UNGU sedang melakukan Show di berbagai kota di Indonesia. Disela2 waktu, kami sedang mengumpulkan dan melakukan rekaman untuk album religi. Ini adalah yang pertama buat UNGU, semoga hasilnya memuaskan…

pers0nel-ungu

69 Komentar »

  1. elita said

    wah…g nyangka perjalanan ungu hingga sekarang tuh panjang banget,,salut deh buat seluruh personil ungu..and ungu cliquers yg selalu setia mendukung unguband terus…

  2. elita said

    udah penasaran ama album terbaru ungu nih..kapan nih di launching…klo bisa kasih bocoran dikit donk…di emailq,(ultraviolet_candyz@yahoo.co.id)thanks…salam cliquers

  3. DIDIK said

    UNGU TETAP BERKARIR DAN BERKARYA . UNGU KEREN BANGET .
    UNGU
    FOREFER

    I
    LOVE
    UNGU

  4. Cahayani said

    ungu……..
    sukses teruz….
    jgn bubar y…
    kshan fanzzz klian….
    I
    LOVE UNGU….
    4EVER,,,,,,

  5. uun said

    hei ungu qw ng’fans bgt m Xan,trutma oncy…..,iech xm tu imut bgt!!!!!

  6. metha said

    PaShA kPn DuNx MaNgUnG d PlG lGiiiiiiii

    LuP YoU pAsHa,,,,

    iS tHe BeSt

  7. anak 3taz said

    bwt ungu,, kpn mw konser di Tasik???
    ditunggu lho….!!!!!!!!!!!!!
    klo bisa di 3taz y….
    bwt ungu semangat terus yach….

  8. nithe said

    aduhh gilaa UNGU keren banged y

    TERUS MAJU YAA
    LOV U🙂

    hahhaahah

  9. chapiche said

    mudah-mudahan ungu bermain bersama lagi dengan peterpan,karena gw penggemar peterpan dan ungu.
    gimana kalau dibuat lagu yg bernyanyi bersama dengan ariel/peterpan,kayaknya keren tuh.
    nasa sama rossa terus(^.^)

  10. chapiche said

    lagu ungu ada di guitar hero xtreme vol 9,info
    guitarheroxtreme.blogspot.com

  11. unGU mEmang iZ tHe best,,,

    14 tNggu k’hAdiRannya di tAzik lAgi…

    kRen byat ungu deCg..

    14 CLIQUERZ tazik

  12. juwita& uci said

    hy???????
    ungu,KEREN BUANGETZ…….

    QT NGEFANZ BGT M KLYN,paz wktu albm pertama d luncurkan,…….
    lagu na enyak,ap ge orang na cuaem-cuaem bgt,,,,

    qt cliquerz….

    d cerbond city…

  13. Agung Setyo Putra Pasha said

    Ungu makin keren aja…..
    pokok’a sukses truz buat Ungu….

  14. misel said

    gue ngefans banget ma ungu sampe-sampe gua tiap gue ngeband slalu ngebawaim lagu-lagu ungu

  15. ndah said

    kka, qqu ng_fans bgdd ma kliandd,, ampe2 alamadd “fs” qqu sma ama juddul lagu kliandd,,

    ouwh ea,, qqu ndah nak “BaNgKoK” ======>>> “Bddg kOtta keumbank”,,

    pko’y qqu ng_fans bgdd dde ma kliandd,,,

    truss madju & brjaya d’blantikka musikk indonesia,,,,
    GOODLUCK ea,, bye bye,,

  16. el_vie.. said

    ungu is the best dech…………q fans ng3t ney ma pasha……

    pkok nha hidp ungu qliquers……

  17. V_iNzZa said

    KK’ Ungu dtg donk k palopo lgi aq ska bdtz dgn lg bru KK’ smuax

  18. dian diana said

    ungu=Pasha,oncy,endah,n your friend q ngefans banget ma kalian semoga tambah cukces n tambah ganteng aja c klian.,,,

  19. fifin said

    hai personal ungu q ngefns bgt m klian n kpn klian konser k Malank jatim? q tunggu jwsn klian ok……………………………..

  20. L_N said

    Ungu!!! The be5t deGH…pokoknyA!! Ow,yeah..untuk Ungu, j9n sampe lupa ma cliquers yeAH…!n, sukses selalu bwt Ungu!! OK?!

  21. ganang said

    kapan nih, ungu neluarin album baru lagi…………………………………..!!!!!!!!!
    aku tunggu lho albumnya,
    lagu dari album yang kemarin ( Hampa Hatiku) membuat aku mengerti tentang arti hidup ini, bahwa aku tak bisa slamax bersamanya.

  22. ganang said

    kpn nih ungu nguarin album baru lagi…!!!
    aku tunggu lho
    oh ia lagu ungu yang kemarin ( Hampa Hatiku ), membuat aku lebih mengerti hidup ini, terkadang kita merasa orang yang kita sayangi akan terus ada untuk kita, padahal tidak slamanya dia akan ada

  23. wahyu said

    hai ungu aq ngefans bgt cma kk pasha,kk onci al’y mrka ganteng bgt sich.
    buat ungu top abs dech lgu’y

    buat ungu smoga sukses slalu

    “amien”

  24. ratnna said

    hhhhmmmm …
    ungu kereeen abiiiisss ,

    aq sk bgggddddtttt ma pasha ,,

    sukseeeees dh bwdttt ungu cliquerss …

  25. RAKE said

    I
    LOVE
    “UNGU”
    SAMPAI NAFAS KU TERHENTI…..

  26. nitha imut said

    alow ungu………

    q slh stu cliquers u loo…………

    q doain mga album ungu laris abiz n sukses slalu

    slam hangat n cium sllu bwt ungu khususy bwt “PASHA”

  27. Septian said

    UNGu tu qren bnget…lgu nya bgus2…prsnil nya qren2…
    Pkok na ungu THE BEST….

    Sukses truz ya ungu….

    Slam cliqueRS

  28. AjenK said

    buat Pasha “Ungu” kaPan nech buat Album realigiNya aku sebagai Ungu Cliquers uDah nunGGu nEch

  29. Yogie said

    q ngepes banget ma pasha ungu, , ,!

  30. wawan said

    HAI UNGU
    …………………….
    GW NGE FANS Bangeeeeeeeeeeeeeeettttttttttttttttttttttttttttzzzzzzzzzz
    ma EnDa””’
    cause klu maen dag
    sot2x
    keren abizzzzzz

    berjaya selalu

    “enda”

  31. doni IiINDRAG said

    klu pasya nyanyi
    MIRIP QU Y

    HEHE2X

    (=)
    NGET SLALU MA
    DE QU
    CUKLUN & THE GANG

    NGET QU PREMANX KLAS VI
    LO9

  32. dede cliquer said

    mudahan-mudahan dengan gosip yang ada semua bohong dede percaya ko ma nak”ungu maju terus pantang mundur,di tunggu y album religi’a ok

  33. lina ramadhaniyah said

    UNGU tue lgux kreeeeeennnnnnnn bgetttttttttttt………
    ri dlu gw Fans bget ma ungu……
    PKOKX UNGU THE BEST………
    LOVE U UNGU

  34. afien said

    suksezzzzzzzzzzzzzzzzzzz…………….ya buat uNgu..
    kpn maen ke slo lg…

  35. ayu said

    kkak2 ungu q ngefans bangeeeeeeeeeet ma klian.tp syg q g bsa ngliat klian lnsng soalny rmhku di MADURA.klu bsa kkak2 ungu manggung ksni ya!tp klu g bs g pa2 kok!biar kujdi fans jauh klian aja.q sng lg klian yg DILEMA CINTA dan KUINGIN SLAMANYA.sukses slalu buat UNGU ya!

  36. DEWY said

    UNGU
    KAU ADALAH BAND YANG SANGAT HARUM DIMATAKU
    1 HARI TANPAMU KU TAK BISA BERKEDIP
    2 HARI TAN PAMU KU TAK BISA BERNAFAS
    3 HARI TANPAMU KU TAK BISA HIDUP DI DUNIA INI
    I LOVE YOU UNGU IS THE BEST

  37. HANA said

    Haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii kk pasha pa kbr? aq clickers ungu buat ungu lgu”y top abs dech N buat kk pasha mkn gnteng aja

    pko nya ungu the best…………………I L U

  38. witri said

    hidup cliquers n ungu..
    personilnya aem”…..

  39. zakistnky said

    jangan tkt dgn apa pn Yg Kle” jln “”””””””””””””””””””””””””

  40. DHINDA said

    uUuuh OgZ pasHa oGz cUte bWangeetZ tHa. . .
    .lUph yOU POOuL !!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ,mwaC h

  41. dhea said

    hy…………kak aku dhea
    aku mau bgt ktmu
    aku ada kisah di balik lagu ka”k yg CINTA DLM HATI
    UNGU CLIQUERS………….. Maaaannnntttaaaaapppp euy…..

  42. yuyun said

    hai……….
    aku suka sama lagu TERCIPTA UNTUKMU
    N cinta gila,
    is the best ungu

  43. zahro said

    ungu emang is the best……….

    hidup ungu,,,,,,,,,,,,qliquerz………

  44. Cum@ bnd ungu y6 tiap thun mmpunyai album Re£i6i. ..£6u’a enax ddnger’a
    truch £ah bekrya ungu
    1.Pasha(sigit)
    2.Oncy
    3.Enda
    4.Makki
    5.Roman

  45. lagu yg penuh sejuta infirasi cinta pda setyap insan

    suuuuuuuuuuuukkkkkkkksssssssseeeeeeeeeesssssssss
    wattttttttttttttttttttttttttttt
    ungu

    LovEEEEEEEEEEEEEEEEE
    uUUU
    ungu

  46. amin aziz said

    ungu kami dari qlikres palembang dari ma nh suksesslaaalu buatyu

  47. dila said

    ,iwhtt pasha guantenggg beud dechhh…….

  48. melia said

    ,, ungu kyeeeeent beud,,,,,
    I LUPH UNGU
    sukses clalu….

  49. HAIIIIII………………
    kHA” UngU……….

    qU ngE-Vanz beud niiw cama X-an cmua tRutama kHa pasHa ….

    pKo na cukses cLalu wad x-an cmua ….. wad kHa PasHa mkin gntNg jja………

  50. hany said

    smw lagu2 na asik2 bgt…

  51. ani said

    i loveeeeeee youuuuuuuuu……………………….
    ungu 4ever

  52. avriial' said

    hy ka paSya !!….
    aLbum’y tambah keren aja nii !!
    ka bqiinin aqu lagu donk tentang cw yg br’korban untk mantan’y..
    tp, mantan’y tuch ga prnah ngrtiin prasaan diia ka^.. mantan’y malah mlih br’pacaran sama sahabat cw itu !! tp, cw itu pun rella demii kebahagiian sih mantan’y iru ..
    jgan lp iia ka bqinin lagu’nya !!

  53. nur said

    KA AKU PENGEN BANGET KETEMU KA PASHA,KPN YAC AKU BIS KETEMU SAMA KA PASHA????????????????????
    SEMOGA BAND UNGU NAMBAH SUKSES
    AMINN

  54. Weyda said

    hai……….ungu

  55. fitri said

    haaaaaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii ka2 ungu aq ngefens buangts ma kalian tp cyank aq g’ bs nnt kalian manggung cz rmh q di jombang so aq ndkung kalian dr jauh tp te2p kalian slALU DI HATI Q UNTUK SLAMAX…………………………
    1 hari g’ ndengerin lagu kalian hidup q trasa hampa……………………………………….. SUKSES SLALU BWT UNGU

  56. lusia andin nita said

    cbener’a ue tch cka cma lch?tpi ue ngk mngkin bued bca kemu ma klian cmua……………………………

  57. Yeyen said

    Hy…ni aQ Yeyen ka’…!!! AQ FANS bnget ma UNGU…Smenjak aQ ngenal grupBAND UNGU….!!! Pokok-nya dri kecil.,aQ Tu Nge fans bnget ma UNGU…AND ITU MSIH aQ jiwai…ampe’ skarang…loh ka’…!!!
    Smua lagu’2 ciptaan yg kakak2 buat…!! Ada kaitannya dngan prjalanan Hidup and Cinta’ aQ KA”…!!?
    ¥ UNGU…BEST OF THE BEST…$

  58. wilma and ulva said

    hey q ngfans bgt ma u q tuch cliquers sring2 ngeband donk di tegal q tau band ungu tuch dah ga mw ngeband lgi cz dah trauma ma kjadiyan yg dlu yaaaa kann

  59. irma said

    ai au suka lagu nya ungu yang dulu.jika memang terbaek.

  60. Teruslah menjadi orang2 yg kreatif.
    Tetap ciptain lagu yang asyik2 yah ka?
    By Armi Carloza.

  61. Natalia Desy said

    Lagu ungu kerenz bngtzz….Apalagi yg lagu bru y tu sangat bagus bngtzz dech….Oncy udh pnya pcr blm???Mza klh sich sm personil yg lain sich???

  62. nhie said

    Waaaaah ………… salut dech ..
    nhie suka banget semua lagu Ungu ..
    tetep jadi Band no.1 yach …. love you Ungu …

  63. qtink said

    w ska smua lagu ungu . . .
    vokalisnya ganteng che . .
    makin sukses jha yua ungu clicers . .

  64. cUbByyyyyyyyy said

    kA pAsHa nHe eVi . .

    eVi pEngEn bAd nHe kTeMu kK . .

    uNgU j9a wArNa kEsUkAaN qU jUgA . . l

  65. LiNdha said

    Kk’ ungu aq ngfans buangt” ma kalian..

    Trutama k’ pasha,

    aq ng’fans bgt ma kk..

    Kk tuh gnteng bgt, n mniz bgt..

    LoV u 4ever bwt UnGu..

  66. alus said

    Bravo ungu,,,,

  67. LUSI said

    UNGU IS THE BEST DEH
    GUE FANS LOE

  68. aNggReK said

    HeY, UNGu pArA ClIqUeRs KliAN bAnGgAkN mNjDi cLiQuErSzZzZ
    pa LgI SAat Nc UnGu mNjDi LbIh bAeK MdH” kLiAn SuKsEs sLlU
    AMiEn . . EmUuAcHhHhhHhHh
    bUaT sMuA pRa pErSoNiL

  69. anggi said

    sukses dhe buat band UNGU
    smga mejdi yg trbaik & trus bekarya…
    buat k’ pasha…gw ngefans bangt cma loe..
    & buat lgu ungu romantis dhe…:-)

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: