Jerawat…!! Ga’ Dech…

Munculnya Jerawat

Jerawat muncul karena banyak sebab. Diantaranya kondisi kulit wajah yang kelewat berminyak sehingga memproduksi lebih banyak sebum. Kelebihan sebum inilah yang menyebabkan pori2 tersumbat, sampe akhirnya bakteri menumpuk seterusnya meradang dan infeksi. Kemudian penyebab lainnya, karena factor genetic atau keturunan. Begitu juga factor lainnya seperti umur, cuaca, makanan, hormonal, dan kosmetik yang dipake’.

Cewek yang udah masuk 14 tahun dan cowok yang berumur 16 tahun, cenderung lebih cepat jerawatan. Manusia pada masa puberitas, produksi kelenjar minyak dikulitnya cenderung lebih aktif.

Jerawat ngga’ memandang umur atau jenis kelamin. Karena dari pola makan yang buruk atau gaya hidup yang ngga’ teratur, bisa bikin stres dan akhirnya membuat jerawat muncul. Jangan heran kalo tante, om, bahkan bokap dan nyokap masih bisa jerawatan juga. Apa saja sich yang bikin jerawat muncul, biar bisa diatasi?

STRES

Salah satu penyebab paling besar munculnya jerawat yaitu stres, Karena kejiwaan kamu ngga’ stabil. Misalnya, kamu yang baru aja putus cinta, punya tugas segunung yang ngga’ terencana, ribut sama sobat atau yang paling simple lagi ngga’ punya duit.

KURANG MINUM AIR PUTIH

Kalo kamu dalam satu hari ngga’ minum air 8 gelas sehari, kulit ngga’ sehat. Karena air bermanfaat untuk mendorong zat2 yang ngga’ berguna agar keluar dari tubuh lewat air seni atau keringat.

MALES NGEBERSIHIN MUKA

Hampir seharian penuh melakukan kegiatan diluar rumah, ngga’ bakal bebas dari debu, polusi, kotoran dan bakteri. Semuanya itu bisa menempel dimana aja termasuk dimuka kamu. Karena alasan cape’ misalnya, kamu langsung tidur tanpa ngebersihin muka dulu, bakal jadi sumber jerawat yang paling seru.

POLA MAKAN YANG NGGA’ TERATUR

Karena alasan praktis dan cepat misalnya, kamu jadi sering banget makan goreng2an atau juga junk food. Tapi dari makanan itulah asupan gizi yang masuk dalam tubuh bisa diukur. Asal tau aja, tubuh kita membutuhkan makanan yang sehat, mulai dari karbohidrat, protein, kalori, zat besi sampe vitamin.

Cara Ngilangin Jerawat dengan Buah-Buahan

Banyak obat yang bisa kamu pilih buat ngusir jerawat, tapi ngga’ semua obat cocok buat tiap orang. Kandungan kimiawi yang ada di dalam obat bisa menimbulkan efek yang bermacam2 ke tiap pemakainya. Tapi jangan khawatir berlebihan juga, karena secara umum, obat2 jerawat yang dijual, efek sampingnya dibuat seminimalis mungkin. Daripada ngga’ diobatin sekarang karena masih bingung pake’ obat yang mana, cobain dech, cara yang alami dan bisa dikerjain sendiri di rumah. Pastinya biayanya bisa lebih murah.

MADU

Masker madu merupakan salah satu masker yang baik untuk mengusir jerawat. Karena kandungan anti bakteri dalam madu bisa membunuh kuman dan menghilangkan jerawat kecil. Caranya, kamu oleskan madu langsung ke muka setiap malam sebelum tidur, diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan waslap yang direndam dengan air hangat. Madu ini juga bisa mengobati luka bakar akibat sinar matahari, ngilangin bekas luka eksim di tangan atau di kaki dll.

WORTEL

Mengkonsumsi wortel, tubuh mendapat asupan vitamin A (beta karotin) yang bermanfaat untuk melindungi serat2 yang melindungi kulit dan mencegah jerawat. Vitamin A juga efektif untuk mengurangi produksi sebum serta sebagai anti oksidan yang menyingkirkan berbagai macam racun yang ada di dalam tubuh. So, kalo kamu kekurangan vitamin A, bisa menyebabkan muka mu tumbuh jerawat.

TEH

Air teh emang enak disajikan kapan saja, tapi selain sebagai minuman, air teh bisa membantu menghilangkan jerawat. Kandungan tanin yang ada di dalam teh berfungsi mempercantik kulit. Cara pemakaiannya simple banget, simpan bekas seduhan teh selama satu hari, kemudian paginya, dipakai buat membasuh muka.

BELIMBING

Belimbing wuluh selain dipake’ sebagai penyedap makanan, juga berkhasiat sebagai anti radang dan astrigen atau mengecilkan pori2 yang besar karena jerawat. Caranya, bersihkan muka dengan ekstrak belimbing wuluh yang dicampur sedikit garam.

LIDAH BUAYA

Ph yang ada dalam lidah buaya berguna untuk mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus membersihkan kulit yang berjerawat. Caranya gampang banget, oleskan langsung daging lidah buaya ke muka yang berjerawat, terus bersihkan dengan air bersih yang dingin. Ulangi dua kali setiap seminggu.

Fakta & Mitos Jerawat!

Makan kacang bikin jerawatan. Faktanya, makan kacang sama sekali bukan penyebab munculnya jerawat. Justru asam lemak yang terkandung dalam kacang sangat baik untuk jantung.

Makanan berlemak seperti jeroan, cokelat, gorengan, atau sea food bisa bikin jerawatan. Sebenarnya makanan berlemak bukan penyebab timbulnya jerawat, tapi bisa memperparah produksi lemak berlebih yang membuat peradangan pada kulit semakin parah. Kebersihan Wajah juga bisa jadi npenyebab munculnya jerawat. Biarpun kamu setiap hari rajin membersihkan muka, kalo kondisi kulitnya masih cenderung berminyak dan sering menggunakan pelembab atau bedak ber-foundation setiap saat, tentu bisa menyebabkan jerawat. Karena kulit tertutup oleh bahan kimia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: