About Ungu

butterfly-ungu

ProfiLe Ungu

UNGU? Kenapa?
Kenapa tidak? Itu jawaban kita sewaktu ditanya oleh orang2 di sekitar kita. Nama UNGU sendiri kita sebutkan secara tiba2 ketika ditanya oleh seorang MC di sebuah event. Kita ingin orang2 mengingat dengan mudah dan cepat menempel di otak, jadilah kami memberi nama band ini UNGU!

Awalnya UNGU?
UNGU terbentuk dengan sendirinya. Awalnya kita dari band yabg berbeda, kebetulan sering latihan di studio yang sama dan akhirnya nge-jam bareng. Tidak hanya di studio, konsep nge-jam bareng ini dibawa juga ke panggung2 kecil sampai ke acara pensi sekolah di sekitar Tebet. Disitulah kita menemukan nama UNGU.

Bongkar pasang personel?
Mungkin tidak bisa dibilang bongkar pasang personel… Hanya saja memang waktu itu personel UNGU berasal dari band yang berbeda2, jadi tidak heran kalau pada akhirnya mereka kembali lagi ke band asalnya. Barulah pada tahun 2000, UNGU punya personel tetap yaitu PASHA (vocal), ENDA (gitar), MAKKI (bass), dan ROWMAN (drum). ONCY (gitar) baru bergabung dengan UNGU setelah album pertama kita direlease ditahun 2002.

LAGUKU album perdana UNGU?
LAGUKU adalah album pertama UNGU yang direlease tanggal 6 Juli 2002. Tapi sebelumnya, UNGU ikut mengisi 2 lagu dialbum kompilasi KLIK bersama Lakuna, Borneo, Pikruk, dan Energi. 2 lagu tersebut adalah Hasrat dan Bunga. 2 lagu ini pulalah yang kemudian memicu semanagt UNGU untuk memiliki album sendiri.

Semua lagu diciptakan sendiri?
Dari awal UNGU naik panggung, kita selau membawakan lagu2 yang diciptakan sendiri. Beruntung kita produktif dalam menciptakan lagu. Dan kita senang karena lagu2 yang kita ciptakan ternyata mampu diterima ditelinga pendengarnya.

Setelah album LAGUKU?
Nggak nyangka! Pertama kita senang karena akhirnya punya album. Kedua karena single pertama “BAYANG SEMU” menjadi ost. sinetron ABG yang pada waktu itu tayang di RCTI mampu membawa UNGU berkeliling ke berbagai kota di Indonesia. Sepanjang tahun itu, UNGU tampil dihampir 100 panggung!

Lalu?
Kita mulai memikirkan album kedua. Materi album kedua mulai kita kumpulkan selama perjalanan tour keseluruh Indonesia. Berat memang, kadang jenuh, apalagi ternyata deadline semakin dekat. Jadilah UNGU bikin lagu dimana saja kita bisa. Di bis, pesawat, kapal, sepanjang perjalanan kita usahakan untuk menciptakan lagu.

Jadi kapan album kedua direlease?
Judulnya kejar tayang… Album kedua dikerjakan dalam waktu yang lumayan singkat, cukup 3 minggu. Kerja keras memang, sering tidur di studio Hijau, telat makan karena ngejar jadwal take, tapi itu semua terbayar dengan selesainya album kedua kita, TEMPAT TERINDAH yang kemudian direlease diawal tahun 2004.

Seru?
Sudah tentu… untuk membuat video clip dari single pertama kita “KARENA DIA KAMU” aja UNGU sampai rela ditangkap polsi karena membuat macet jalan protocol. Kenapa? Karena di video clip tersebut, UNGU main diatas trailer panjang yang berjalan mulai dari jalan Thamrin, Sudirman, Semanggi sampai ke daerah Senen… bisa dibayangkan betapa macetnya jalan hari itu, hehehehe…?

Album kompilasi?
Diantara promo album kedua dan show di berbagai kota, UNGU juga menyempatkan diri untuk menciptakan dan menyayikan lagu di luar album kita. Contohnya kita ikut menyumbangkan lagu “CIUMAN PERTAMA” untuk ost. Buruan Cium Gue yang akhirnya harus ditarik dari peredaran. Kemudian UNGU juga mengaransemen ulang lagu “BIMBI” milik tante Titiek Puspa. Terakhir, UNGU dipercaya om Chrisye untuk menciptakan dan berduet di lagu “CINTA YANG LAIN”.

Sempet mau bubar?
Hahahaha… berantem sampe nggak saling komunikasi, sudah pernah kita jalani. Tapi justru hal2 seperti itu yang membuat UNGU semakin kuat dan semakin erat juga semakin mengenal satu sama lain. Isu bubar yang beredar waktu itu, justru membuat kami ingin membuktikan kekuatan UNGU dengan album ketiga.

Jadi?
Yaa… Direlease lah album ketiga “MELAYANG” diawal Desember tahun 2005. Dengan gambar sayap pesawat di cover album, UNGU ingin bisa terbang dan menerbangkan semua keinginan, cita2 dan harapan kita berlima juga penikmat lagu UNGU.

Prestasi?
Album MELAYANG jadi salah satu pencapaian UNGU yang terbesar saat ini. Dengan pencapaian itu, UNGU punya target yang lebih besar lagi. Kekuatan lagu dan lirik ‘DEMI WAKTU” membuat album ini meraih PLATINUM AWARD dibulan pertama penjualannya. Padahal kami baru menerima Platinum Award untuk album “LAGUKU” setelah hamper 2 tahun album tersebut direlease. Tidak lama setelah itu, UNGU kembali menerima DOUBLE PLATINUM AWARD untuk album MELAYANG. Wow! Kejutan yang menyenangkan buat kami berlima.

Merambah pasar Asia?
Sebelum album MELAYANG direlease, sudah ada 4 perusahaan rekaman dari Malaysia yang ingin mengedarkan album ini di Negara Jiran tersebut. Kebanggaan tersendiri buat UNGU, karena akhirnya album MELAYANG juga direlease di Malaysia awal Maret 2006. Dan ternyata sambutannya luar biasa….

Setelah ini…?
Saat ini UNGU sedang melakukan Show di berbagai kota di Indonesia. Disela2 waktu, kami sedang mengumpulkan dan melakukan rekaman untuk album religi. Ini adalah yang pertama buat UNGU, semoga hasilnya memuaskan…

ProfiLe PersoneL Ungu

ganteng

Nama Lengkap : Sigit Purnomo Syamsuddin Said
Nama Beken : PaSha
T.T.Lahir : Palu, Donggala, 27 November 1979
Bergabung : 1999
Posisi : Vokal
Biografi : Pasha mengawali karirnya sebagai model dan telah muncul
dibeberapa iklan televise, main sinetron dan bergabung dengan
beberapa band sebelum bergabung dengan Ungu. Pasha pernah
menjadi juara 2 lomba adzan se Sulawesi Tengah. Pasha sempat
berkuliah di ABA – ABI sebelum akhirnya memutuskan untuk
berhenti kuliah dan memilih berkarir dimusik.
E-Mail : pasha@unguband.com

co0l

Nama Lengkap :Franco Medjaja Kusuma
Nama Beken :Enda
T.T.Lahir : Kudus, 4 Maret 1978
Bergabung : 2001
Posisi : Gitar 1
Biografi : Enda memulai karirnya sebagai teknisi gitar untuk gitaris Ungu.
Ketika kebutuhan akan gitaris kedua muncul. Enda membuktikan
bahwa ia adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi itu. Enda
merupakan lulusan fakultas hokum Universitas Sam Ratulangi.
E-Mail : enda@unguband.com

cakeppz-na1

Nama Lengkap : Arlonsy Miraldi
Nama Beken : Oncy
T.T.Lahir : Palu, 2 Oktober 1981
Bergabung : 2003
Posisi : Gitar 2
Biografi : Oncy merupakan personel terakhir yang bergabung dengan
Ungu, ia sebelumnya bergabung dengan Funky Kopral. Oncy
dikenal sebagai gitaris yang energik dan bermusikalitas baik,
kehadiran Oncy menjadi nilai tambah bagi Ungu
E_Mail : oncy@unguband.com

makki-c3b8-c3bearikeit-23-okt-1971

Nama Lengkap : Makki Omar Parikesit
Nama Beken : Makki
T.T.Lahir : Jakarta, 23 Oktober 1971
Bergabung : 1996
Posisi : Bass
Biografi : Makki adalah salah satu pendiri Ungu. Ketika sedang
mengambil gelar di IndianaUniversity, Amerika Serikat, Makki
memperkaya kemampuan bermusiknya dengan bermain
bersama sebuah band yang bernama Joint Session, yang selain
menjadi band keliling disekitar Midwest, juga merupakan band
pembuka beberapa konser grup musik ternama, seperti Toad the
Road Sprocket dan John Mallencamn. Ketika kembali ke
Jakarta tahun 1996, Makki sempat bergabung dengan Harris
Ioni dan beberapa sesi in-promptu sampai akhirnya membentuk
Ungu.
E_Mail : makki@unguband.com

m-nur-rohman-9-jan-1974

Nama Lengkap : Muhammad Nur Rohman
Nama Beken : Rowman
T.T.Lahir : Jakarta, 9 Januari 1974
Bergabung : 2001
Posisi : Drum
Biografi : Sebelum bergabung dengan Ungu, Rowman adalah drummer
grup musik rock bernama Garux yang sempat meramaikan dunia
musik di Indonesia. Rowman yang sering dibilang mirip Bimbim
Slank ternyata memang sangat mengagumi Bimbim.
E_Mail : rowman@unguband.com

ungu-in-act

32 Komentar »

  1. dion said

    ungu band is the best , q fans laguna markotop markotop bngt

  2. tyar said

    ungu akan sllu dhatiq mpe kapan pun

  3. farida said

    loupz u

  4. WAHYU said

    Ungu si sarah nge-fens bft tuch ma K_Enda yg guantenggg….!!!!

    Salamanin yUa..!!!

  5. fadlyklickers said

    bagussssss

  6. intan said

    ungu kpn konser k surabaya,

  7. hallo,,
    kk-kk ungu, q ngFans bnedd loch sm klian.
    smoga karier ungu slalu sukses ea…..

  8. yani said

    gw ska banget ma ungu coz album2x keren2 q pngin banget ketemu ma band ungu

  9. mz.ZuteX said

    kpAn mu Bkin albUm BarU…

    ruJuk la eA ma OKy ,,,,

  10. dhea cliquers said

    hyyyyyyyyyyy………kk2 ungu aq ngfns bngt ne………,kpn duuunnk konser di palembang

  11. nia said

    Wt Kx” Ungu tTep Jya Yaw Mdh”n X’an Ttep Exis “n tTep No One
    wt Ka Pasha Q Ng’Fens bwgt ma Kx………..
    TmBh Cwkep DweCh ” zwr’y TmBh Ng’gMeZin

  12. shanty said

    ……………kkaa” pasha album”a kyennss bgd ciii “PENGUASA HATI ”

    ,,,,,,,,,bwd kka” onci tambah ganteng jha “……….

    bwd kka” endda tyuzz cipt. album bru ….

    pkok”a bwd cmua cllorofersss jan pndah” fansss

  13. Putri said

    UnGu….. QuWh NgPnDs BnGt Cm X”Lend CmUa!!!
    LuPh Ou AlL

  14. yuli said

    ungu kpan nh Konser ke daerah jakarta selatn ..

    Ungu is the Best ..

  15. Dwi said

    Hai ungu sukces iya go ferdom

  16. Likman said

    z MIrip PAsHA LhOOOO,,,,
    g P’ cya LHT sndri ja

  17. niura said

    Hy….K2 UngU Q nIuRa Q n9efanS beraT m4 k2 UngU TErUtama K’Pasha y9 Suara’nya suPer Emas & QreN b9t…

    Sm9 k2 Tmbh Sukses & Q hRp k2 n9bls Email dri Q….

  18. Fitri said

    alouwww!!!! ka q ngfans ma ka… kapn dunz ka mnggung d pwk???

    q tnggu eaa ka…
    wat ungu poxoxe jaya terus, smoga makin suxses and smuanya d bRikan ksehatan byar bza maggung truZ…

    UNGU IS THE BAST…………..

  19. eqha said

    hay…
    moga ungu tyus jaya jngan sampe kalah ma band yg lain yupzz..
    salam maniz wat yg baca..

  20. itha said

    I LOVE YOU………………………………………..
    UNGU…

  21. Mega said

    Ungu……..q ngefans bgt lo,apalg ma ka Oncy.I love you ka Oncy ^_^

  22. apriienda said

    un’8’u mangg krend abesss .

  23. reny said

    kren bgt kk . . ungu / /
    LUPH CMWA’ , , ,

  24. WULAN said

    KA PASHA AKU NGEFENS BANGET MA KM

  25. HERU said

    wey gue nSuka bangetZ ma lagunya Dri Album pertama ama SekarAnk……

  26. zhemy said

    I LOVE U UNGU……… I LOVE U ONCY

  27. abie said

    sumpaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh……………………….
    the best band y UNGU dwonx……
    menurut aQ pribadi,kata UNGU (pERsonieL+Lagu”NA+aLL about UNGU) mengaNdunk arti katA Lebih dARi arti katA CINTA yanG Di jabarKhn oLeh pujangGA d duNia nie…..
    pa phUn yg trJd, U’re tho besT FuLL………
    I LOVE UNGU………
    PorEfER…..

  28. fuzie said

    pasya kren bget

  29. anjjar said

    UNGU tmbah kerenzzt bangettd!!
    LOVE U………….

  30. nugraha said

    ,,ungu ,,
    … dlm mimpi ku …
    ,, ku penggen konset bareng ungu ….
    ,, TERANG DALAM GELAP KU ,,

  31. qie said

    un’8’u exis truzz azz eaa,, jng smpe trtnggal dng band” skrng..

    w ngrsa beudzz klo lgu un’8’u tuch brkwlitas, ga ecekx” kya band” pndtang..

    wish u luck..

  32. ERNA said

    ungu is the best
    all your song is very good
    sssssssssuuuuuuuuuuuuuuuuuuummmmmmmmmmmpppppaaahhhh
    krennnnnnnn abysss
    aplgi “kak pash”
    hahaha

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: